Articles

Event Maraton Terbesar

3 Event Maraton Terbesar di Dunia

Kaira Aurelia Cahyadi
06 Juli 2019

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia dijangkiti “demam” lari. Acara lomba lari menjamur di mana-mana, mulai dari 5k, 10K, half marathon sampai pada full marathon. Bagaimana dengan di luar negeri? Mari kita intip beberapa maraton paling besar di dunia!

1. Boston Marathon

Maraton yang akan kembali dihadirkan lagi pada 20 April 2020 ini dianggap sebagai maraton annual tertua di dunia dan salah satu maraton paling menantang. Dimulai pada 1987, tidak semua bisa mengikuti maraton ini. Jika anda tidak berlari sebagai upaya fundraising, anda perlu memenuhi kualifikasi kecepatan waktu berlari yang ditentukan sesuai umur anda. Seperti namanya, Boston Marathon diselenggarakan di Boston, Amerika Serikat.

2. New York City Marathon

Sebagai maraton annual, New York City Marathon akan diadakan kembali pada 1 November 2020. Maraton sejauh 26.2 mil ini banyak dihadiri kaum muda dan tentunya terlaksana di Kota New York, Amerika Serikat. Membanggakan dirinya sendiri sebagai maraton terbesar di dunia, New York City Marathon menyambut 50.000 pelari dengan lebih dari 9.000 charity runners. Seperti Boston Marathon, maraton yang satu ini juga cukup selektif. Sebuah tip: maraton ini sering memilih kontestan yang berlari bagi amal, memenuhi kualifikasi kecepatan waktu berlari, serta yang sudah berpengalaman mengikuti maraton ini.

3.  London Marathon

Menurut para pelari, London Marathon ini merupakan “the major race of the world’s major marathon” karena tingginya persaingan. Pertama diadakan pada tanggal 29 Maret 1981, London Marathon akan dipersembahkan lagi pada April 26, 2020. Sejauh 26.2 mil perjalanan ditempuh oleh 39.000 partisipan lomba ini pada tahun 2018. Seperti dua maraton sebelumnya, London Marathon juga cukup selektif dan seringkali memiluh pelari fundraiser dan pelari yang memenuhi kualifikasi waktu. Jika diterima, seorang pendatang internasional harus membayar biaya sebanyak 80 pound.

Di Indonesia juga ada maraton-maraton seperti Bali Marathon, Borobudur Marathon dan masih banyak lomba lari lainnya. Jadi, apa yang anda tunggu? Selamat berlari!


Share