Articles

Fasilitas Pendukung Di Acara Untuk Penyandang Disabilitas

Fasilitas Pendukung Di Acara Untuk Penyandang Disabilitas

Mohammad Aldi Afandi
24 Oktober 2019

Seluruh warga Negara Indonesia memiliki hak yang sama dalam hal mendapatkan pelayanan oleh pemerintah tanpa terkecuali. Masyarakat penyandang disabilitas kurang mendapatkan fasilitas maupun pelayanan yang baik. Hal ini menimbulkan rasa diskriminasi terhadap para penyandang disabilitas. Fasilitas umum yang diberikan Negara kepada para warganya adalah hak-hak yang pantas diterima, sudah sewajarnya semua fasilitas umum memang bebas dipakai siapa saja, contohnya seperti fasilitas pendukung di dalam acara atau sebuah event untuk penyandang disabilitas.

1. Tempat Parkir Khusus untuk Penyandang Disabilitas

Penyandang disabilitas seharusnya memiliki parkir khusus di setiap ruang publik. Parkir khusus ini membuka akses bagi difabel dan mencegah terjadinya antrean panjang saat seorang penyandang disabilitas akan menggunakan tempat parkir di tempat event atau tempat umum.

2. Ruang publik yang dilengkapi perlengkapan

Ketika semua warga negara berhak mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam semua lini kehidupannyaRuang publik juga diperlukan untuk kaum difabel untuk memudahkan aktivitas yang dilakukan juga dilengkapi fasilitas-fasilitas yg dapat dijangkau dengan mudah oleh penyandang disabilitas.

 
3. Lift untuk menaiki tangga Bagi Penyandang Disabilitas

Membangun lift khusus penyandang disabilitas dapat memudahkan akses mereka untuk membantu pergerakan vertical di dalam bangunan. Harus bisa dipakai oleh semua orang, termasuk penyandang disabilitas. Ada lift penumpang biasa, lift barang atau lift proyek, sehingga fungsi ini memang bisa berbeda. Jika lift barang dan lift proyek, dan lift untuk penyandang disabilitas.

 
4. Jalan Khusus untuk Penyandang Disabilitas

Mulai dari akses ke ke tempat parkir, maupun dalam event harus memiliki jalur-jalur datar dan terkesan aman dengan tingkat kemiringan maksimal 5 persen agar dapat dilalui oleh pengguna kursi roda.


5. 
Pelayanan Sanitasi Khusus Penyandang Disabilitas

Pelayanan sanitasi khusus penyandang disabilitas ini sangat penting. Adanya akses sanitasi dasar layak bagi penyandang disabilitas, akan membantu menekan perilaku buang air di sembarang tempat. Hal ini tentu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Seperti EAU (PORTALOO FOR DISABLE) yang disediakan secara khusus untuk pengguna kursi roda.

Ingin melihat gallery toilet portable kami yang telah digunakan di berbagai event dan proyek pembangunan, follow instagram kami @sewatoiletdotcom atau klik link berikut ini https://www.instagram.com/sewatoiletdotcom/


Share