Articles


4 Dampak Bahaya Menahan PIPIS

sewatoilet.com
19 April 2022

4 Dampak Bahaya Menahan PIPIS

Buang Air Kecil (BAK) atau sering disebut kencing adalah proses di mana kita mengeluarkan cairan atau urine berlebih dalam tubuh. Cairan ini sendiri bisa berasal dari apa yang kita minum.

Dalam cairan yang kita keluarkan saat buang air kecil, mengandung mineral dan kotoran yang harus rutin kita keluarkan.

Namun, saat kita beraktivitas, sering kali mengabaikan dan menahan buang air kecil. Bahkan, situasi tertentu membuat kita menahan buang air kecil sampai berjam-jam. Misalnya, saat event yang jauh dari toilet, perjalanan jauh, rapat kantor, kuliah dan aktivitas lainnya.

1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK) diakibatkan penumpukan kotoran, limbah maupun racun yang berada di saluran kemih. Ketika kita sering menahan kencing, berarti membiarkan cairan atau urine tertahan di saluran kemih.

Seperti yang kita tau, urine memiliki kandungan mineral dan lainnya, maka jika kita terus menahannya hingga berjam-jam akan mendukung penambahan volume urine dengan cepat di saluran kemih. Urine ini nantinya akan menjadi racun yang menyebabkan infeksi didalam saluran kemih itu sendiri. Ciri-ciri infeksi saluran kemih, yaitu nyeri pada bagian perut, volume urine sedikit, sakit saat buang air kecil atau kencing, bahkan sampai mengeluarkan darah saat kencing.

2. Batu Ginjal

Saat kita begitu sering menahan buang air kecil, maka menyebabkan mineral, kalsium maupun natrium yang terkandung dalam cairan atau urine tertumpuk. Sehingga, tumpukan ini nantinya akan membentuk batu ginjal. Jika batu ginjal masih dalam ukuran kecil maka mengeluarkannya tidak mengakibatkan rasa sakit.

Namun, ketika sudah mencapai ukuran besar, tidak hanya mengakibatkan rasa sakit, tetapi bisa saja sampai harus dilakukan operasi. Selain itu, batu ginjal akan menyumbat saluran kemih dan saluran urine yang mengakibatkan, kita akan sering merasakan sakit saat kencing.

3. Inkontenesia Urine (Melemahnya Otot Kantung Kemih)

Jika kita sering sekali menahan kencing sampai berjam-jam dan sudah menjadi kebiasaan, lama-lama otot kantong kemih akan kendur dan tidak elastis. Selain itu, juga akan mengurangi kekuataan pada otot kantung kemih tersebut. Sehingga, beresiko mengakibatkan Inkontenesia urine atau kebocoran urine.

4. Sakit Pinggang

Selain ketiga hal di atas, sering menahan buang air kecil juga bisa membuat sakit pinggang. Sebab, saat kantung kemih terisi penuh dengan urine, maka syaraf akan memberikan tanda untuk buang air kecil atau kencing. Namun, ketika kita menahannya maka akan mengakibatkan nyeri pada perut hingga menjalar ke pinggang, sehingga mengakibatkan sakit pinggang.

Itulah 4 dampak buruk bagi tubuh ketika kita sering menahan buang air kecil. Mulailah untuk rutin buang air kecil, agar kesehatanmu terjaga.


Share