Articles

Toilet Woodstock 1969

Bencana Toilet di Woodstock 1969

Kaira Aurelia Cahyadi
07 Mei 2019

Sampai sekarang, acara musik Woodstock yang diadakan pertama kali pada tahun 1969 (tepatnya pada 15 Augstus 1969 sampai 18 Agustus 1969) dianggap sebagai salah satu acara musik terhebat serta acara konser rock yang paling simbolik. Acara yang memiliki slogan “three days of peace, love, and music” atau “tiga hari kedamaian, cinta, dan musik” ini dihadiri setengah juta orang dan menampilkan berbagai musisi legendaris seperti Janis Joplin, band The Grateful Dead, The Who, Jefferson Airplane, serta Jimi Hendrix. Hendrix sendiri memainkan lagu “Star Spangled Banner” pada acara ini, yang disebut sebagai salah satu momen terhebat dalam dunia musik. 

Meskipun begitu, ada sisi kelam mengenai Woodstock yang jarang diketahui orang. Contohnya, adanya kemacetan hebat yang disebabkan banyaknya peminat serta banyaknya orang yang kekurangan makanan di acara tersebut. Bahkan, sampai ada sekumpulan penonton yang membagikan makanan dan minuman kepada penonton-penonton yang lain.

Bencana toilet ini adalah salah satu sisi buruk yang tidak diketahui orang mengenai Woodstock. Faktanya, hanya disediakan 600 toilet untuk 500.000 orang yang menghadiri acara ini. Jika dihitung, hal itu berarti ada satu toilet untuk setiap 833 orang. Bandingkan dengan stadium modern yang mempunyai satu toilet untuk setiap 45 sampai 50 orang.

Mengantri untuk satu toilet dikatakan bisa selama satu jam dan diperburuk dengan fakta bahwa banyak toilet di acara musik Woodstock yang sudah penuh dan meluap sehingga membentuk genangan-genangan air yang kemudian bercampur dengan lumpur. Billy Joel, musisi ternama Amerika, bahkan mengatakan bahwa meskipun ia menghadiri Woodstock namun kurang puas dengan acara tersebut karena tidak adanya fasilitas toilet yang benar.

Namun, baiknya, pada Woodstock yang diadakan pada tahun 1994 (sebagai perayaan dari umur Woodstock 1969 yang pada tahun tersebut sudah mencapai 25 tahun), sudah ada jauh lebih banyak toilet yang tersedia. Lebih spesifiknya, 2.800 toilet untuk 350.000 yang hadir – itu artinya 1 toilet untuk 125 orang. Belum ideal tetapi dianggap sudah mencukupi. Kita hanya bisa berharap bahwa festival-festival di masa depan tidak mengulangi kesalahan yang telah dibuat pada Woodstock 1969 apalagi pada skala yang sebegitu besarnya.


Share

Latest Posts