News

Gerakan Bersih Pantai dan Laut KKP Kota Denpasar Ajak Siswa Jaga Kebersihan Lingkungan Pantai

Hana | 11 Mei 2019 08:48
Gerakan Bersih Pantai dan Laut Denpasar Bali

Bali - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Pemerintah Kota Denpasar, Bali dalam rangka pelaksanaan acara Gerakan bersih pantai dan laut sebagai bagian dari Gerakan Cinta Laut (Gita Laut) pada Jumat, 10 Mei 2019.

Dengan mengikusertakan ratusan pelajar, aktivis lingkungan, wisatawan, dan masyarakat, acara yang bekerja sama dengan Ocean Conservancy dalam International Coastal Cleanup 2019 ini bertujuan untuk menanamkan budaya menjaga kebersihan dan mencintai lingkungan sejak dini. Acara ini dilakukan dengan memunguti sampah pantai, terutama sampah plastik di kawasan Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar.
Berbekal kantong plastik, antusiasme para pelajar pun tampak saat mereka mengulurkan tangan untuk memunguti satu persatu sampah yang ada untuk dipindahkan ke dalam kantong plastik yang sudah disediakan.

Dalam waktu kurang lebih satu jam, diketahui bahwa sampah tekumpul sebanyak 634,94 kg yang kemudian diangkut dengan enam truk sampah dari DLHK Kota Denpasar. Kemudian hasil penimbangan sampah dari kegiatan bersih-bersih pantai ini akan dimasukkan ke data Ocean Conservancy's Tradh Index, yang merupakan basis data terbesar di dunia mengenai puing-puing laut.

Untuk mendukung kenyamanan selama kegaitan Gerakan Bersih Pantai dan Laut berlangsung. Dalam acara ini pun turut dilengkapi dengan sejumlah fasilitas portable handwash station serta toilet portable dari PT. Sewatoilet Indonesia yang akan senantiasa memberikan servis pelayananan terbaik dengan kualitas toilet yang bersih, kering, dan wangi.


Sumber: http://bali.tribunnews.com/2019/05/10/63494-kg-sampah-terkumpul-dalam-1-jam-coastal-cleanup-2019-digelar-di-pantai-mertasari?page=4

Share