News

Gelaran Festival Candi Muara Takus 2019

Hana | 27 Mei 2019 09:08
Handwash Station pada Festival Candi Muara Takus

RIAU - Sebagai peringatan Hari Waisak Keluarga Budhayana Indonesia 2563 tahun 2019 digelar Festival Candi Muara Takus yang berlangsung pada Sabtu, 25 Mei 2019 mulai pukul 17.00-21.00 WIB. Jadwal tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

Turut hadir pula Gubernur Riau Drs. Syamsuar, M.si pada acara tersebut yang menyampaikan tema peringatan Waisak kali ini yakni "Mencintai Tanah Air Indonesia". Festival Candi Muara Takus diharapkan dapat menjadi momentum dalam meningkatkan tali silaturahmi antar sesama manusia serta menjaga kerukunan antar umat beragama. Disisi lain, acara ini juga merupakan upaya dalam memperkenalkan pariwisata berbasis budaya di seluruh Indonesia. Candi Muara Takus sendiri sudah masuk list di UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Berbagai kegiatan positif pun dihadirkan seperti bakti sosial, sunat massal, operasi bibir sumbing dan banyak kegiatan lainnya. 

Berdasarkan laporan panitia, dalam acara Festival Candi Muara Takus setidaknya dihadiri sekitar 3.000 sampai 5.000 peserta, 60 orang biksu nasional dan para tamu undangan dari berbagai negara. Mengingat banyaknya jumlah pengunjung yang hadir dalam acara ini, tentu kelengkapan fasilitas penunjang akan sangat diperlukan demi kenyamanan selama acara ini berlangusng. Selain itu, acara ini juga bersifat outdoor oleh karena itu melalui support dari PT Sewatoilet Indonesia, Festival Candi Muara Takus memiliki sejumlah fasilitas seperti toilet portable beserta para toileteers, handwash station, serta sejumlah garbage bin untuk menjaga sekitar area kawasan wisata agar senantiasa terjaga kebersihannya.

 


Sumber: https://riau.antaranews.com/berita/116501/hari-waisak-nasional-2019-dipusatkan-di-candi-muara-takus-riau-begini-penjelasannya

Share