Articles

Festival Gandrung Sewu Banyuwangi & Festival Pesona Bahari Raja Ampat

5 Festival Unik Yang Wajib Dikunjungi Di Bulan Oktober

MOHAMMAD ALDI AFANDI
24 Oktober 2019

Sejak akhir tahun 2018 lalu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pariwisata telah mengeluarkan daftar 100 atraksi wisata terbaik dari seluruh Indonesia yang dirangkum dalam 100 Calendar of Events 2019. Festival menjadi salah satu alat komunikasi untuk memperkenalkan karya serta budaya dari berbagai daerah di seluruh penjuru Indonesia.

 1. Festival Pesona Bahari Raja Ampat

Festival Pesona Bahari Raja Ampat tahun ini semakin menarik. Festival yang digelar pada 18-22 Oktober lalu di Pantai Waisai Torang Cinta, Papua Barat mengusung tema 'Exotic Raja Ampat, From Ridge to Reef'. Tema besar yang jelas menggambarkan betapa menariknya festival ini. Keseruannya banyak. Kita akan dibawa mengenal lebih dekat flora dan fauna Raja Ampat melalui berbagai kegiatan. Dari mulai snorkelin, diving, hingga island hopping ke Pulau Pianemo dan Kepulauan Fam.

2. Festival Pesona Selat Lembeh

Dikenal akan keindahan alam bawah lautnya hingga mendunia, Lembeh kembali menggelar Festival Pesona Selat Lembeh yang digelar tiap 6-10 Oktober ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata Kota Bitung dan Selat Lembeh. Beberapa acara yang telah digelar diantaranya sailing pass, lomba kapal hias, festival kuliner, pentas seni budaya, coral plantation, dan masih banyak lagi.

3. Festival Danau Sentarum

 Festival Danau Sentarum merupakan acara tahunan Kalimantan Barat yang akan diadakan kembali pada tanggal 23-25 Oktober. Festival Danau sentarum bertujuan meningkatkan kujungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kapuas Hulu PLBN Badau dan Pontianak. Kegiatan akan dimulai dengan pengenalan Danau Sentarum melalui penyusuran danau menggunakan Bandong atau Perau Tambe.

4. Gandrung Sewu Banyuwangi

Gandrung Sewu merupakan festival yang akan mementaskan ratusan bahkan ribuan penari gandrung di pesisir pantai di Banyuwangi, Jawa Timur pada 12 Oktober lalu. Dahulu keindahan tarian Gandrung digunakan sebagai perangkap untuk menjerat tentara Belanda pada masa penjajahan. Festival Gandrung Sewu merupakan salah satu dari 10 Best Calendar of Event pariwisata Indonesia. Digelar rutin sejak delapan tahun terakhir, festival tersebut selalu mengangkat tema berbeda setiap tahun. Tahun ini bertema perjuangan rakyat Banyuwangi atau Blambangan dalam melawan kolonialisme Belanda.

 5. Ubud Writers and Readers Festival

Festival ini hadir pada tanggal 23-27 Oktober 2019 untuk menghadiri Ubud Writers and Readers Festival (UWRF 2019) yang setiap tahunnya merupakan bagian penting dalam Calendar of Events 2019. Festival yang diprakarsai oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati ini banyak diminati banyak kalangan. Di tahun 2019 ini Ubud Writers and Readers Festival mengusung tema Karma akan menyambut lebih dari 180 pembicara dari 30 negara untuk mengisi lebih dari 170 program seperti diskusi mendalam, acara spesial, lokakarya penulisan dan budaya, peluncuran buku, pemutaran film, pameran seni hingga pertunjukan musik.


Sumber: https://www.seva.id/blog/catat-festival-di-bulan-oktober-2019-yang-wajib-dikunjungi-102019/

Share