Articles

Tradisi Bulan Ramadhann

Serba-Serbi Tradisi Unik Selama Bulan Ramadhan

Hana
29 Mei 2019

Memasuki bulan Ramadhan menjadi suatu momentum tersendiri bagi masyarakat di Indonesia, pasalnya pada bulan ini terdapat sejumlah kegiatan yang hanya dilakukan pada bulan ini. Mau tahu serba-serbi tradisi unik apa saja yang terdapat pada bulan Ramadhan.

 

Yuk, simak serba-serbi pada bulan Ramadhan berikut ini : 

 

1. BUKBER
Istilah Bukber akan banyak didengar dibulan Ramadhan. Bukber memiliki kepanjangan dari kata buka bersama, yang berarti melakukan kegiatan berbuka puasa bersama. Bukber menjadi suatu penanda yang kental dengan nuansa Ramadhan di Indonesia yang juga menjadi ajang silaturahmi akan sesama umat Muslim bahkan umat non Muslim.

2. NGABUBURIT
Ngabuburit adalah bahasa Sunda yang artinya, bersantai-santai sambil menunggu waktu sore hari. Biasanya ngabuburit dilakukan dengan tujuan menunggu azan Magrib menjelang berbuka puasa.

Di era modern, ngabuburit biasanya dilakukan dengan berjalan-jalan di mall, mencari makanan berbuka atau bermain.

Sebenarnya dahulunya, ngabuburit diisi dengan pengajian bersama atau program pesantren kilat. Kegiatan apapun dapat dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit, namun yang harus diingat adalah isilah dengan kegiatan yang positif.

 3. EVENT RAMADHAN
Event Ramadhan merupakan event yang akan banyak menghiasi momen selama Ramadhan. Event-event tersebut biasanya seputar buka bersama, festival kuliner, kajian ilmu Quran, tabligh akbar, festival donasi, serta konser musik religi. Pada event ramadhan tak sedikit acara yang memuat kegiatan yang padat akan kegiatan positif bahkan tak luput pula dari kegiatan ibadah massal.

Untuk itu, biasanya dalam kegiatan event ramadhan penting untuk menyediakan sejumlah fasilitas salah satunya adalah Wudhu Station. Sayangnya seringkali kondisi wudhu station yang disediakan terkesan kurang layak. Apalagi pada wudhu station yang berada dilokasi outdoor. Sehingga penting bagi pihak penyelenggara event untuk dapat menyediakan wudhu station yang layak, dengan wudhu station yang memiliki kualitas unit yang kuat, air yang bersih, serta penampungan air guna menampung air wudhu agar tidak mengotori area sekitar.

 4. SAHUR ON THE ROAD
Kemudian yang terakhir adalah Sahur On The Road. Momen ini biasanya diisi dengan kegiatan sahur yang dilakukan diluar rumah, namun biasanya sembari tetap mencari keberkahan di Bulan Ramadhan Sahur On The Road juga dapat diisi dengan kegiatan bagi-bagi makanan sahur untuk orang-orang di jalan. Jadi biasanya orang-orang akan menentukan dulu rute mana saja yang akan dilewati. Kemudian bersama-sama melewati rute-rute tersebut untuk membagikan makanan.


Share